Minggu, 10 Oktober 2010

Sebuah kendaraan yang disebut mobil adalah merupakan kendaraan beroda empat atau lebih yang terdapat mesin penggerak sendiri (self-propelled vehicle) dengan pengoperasian oleh seorang sopir/supir (menyupir). Untuk kendaraan roda kurang dari empat tidak disebut mobil, biasanya cuma disebut kendaraan roda tiga (bajaj, bemo) atau kendaraan roda dua saja. Mobil banyak jenisnya mulai dari sedan, van, truk, bus, dll. Beda negara, maka akan terjadi perbedaan pula dalam pengklasifikasian mbil sebagai kendaraan roda empat atau lebih.

Mobil pertama kali dirancang dan dibuat oleh Nicolas-Joseph Cugnot dan berhasil diperagakan di tahun 1769. Cugnot lahir di Void-Vacon, Lorraine, Meuse, France pada tanggal 26 February 1725 (meninggal 2 October 1804). Bekerja sebagai tenaga military-engineer yang bereksperimen untuk membuat kendaraan yang ditenagai oleh mesin uap (steam-engine-powered vehicles) di tahun 1765 untuk digunakan oleh tentara Perancis (French Army). Sebenarnya kendaraan buatan Cugnot adalah beroda tiga sebagai pengembangan dari gerobak roda 2 yang ditarik oleh kuda. Posisi kuda penarik digantikan oleh mesin tenaga uap tersebut yang ditopang oleh satu roda. Penyempurnaan dilakukan dan di tahun 1771 berhasil dibuat kendaraan yang disebut fardier à vapeur yang dapat menempuh jarak 7,8 km dalam 1 jam dan mengangkat 4 ton barang. Kendaraan ini tidak cukup stabil karena penyebaran beban kendaraan tidak dihitung dengan seksama, lagi pula tidak terdapat suspensi untuk meredam getaran dari jalan, maklum saja, jalan jaman dahulu belum beraspal licin.

Kendaraan tenaga uap yang lebih terkenal dari pada pencetusnya (Cugnot) adalah buatan Lunar SOciety di Birmingham Inggris. Dan juga di Birmingham mobil tenaga bensin pertama kali dibuat di Britania pada tahun 1896 oleh Frederick William Lanchester yang juga mematenkan rem cakram. Sebelum itu sebenarnya Richard Trevithick telah mengembangkan teknik Cugnot untuk kendaraan buatannya "gerobak-uap" di tahun 1801.

Sejarah mobil ini lebih ditujukan untuk dukungan kepada Mobil Keluarga Ideal Terbaik Indonesia yang akan berlangsung sampai dengan bulan Januari 2011.

new breaking news